Chat with us, powered by LiveChat

Ingin Mendirikan Klinik Pratama? Siapkan Legalitas yang Dibutuhkan

April 18, 2023

Penulis:

Mendirikan Klinik Pratama

Klinik Pratama adalah fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan medis dasar seperti pemeriksaan umum, perawatan ringan, dan tindakan medis sederhana. Klinik Pratama dapat beroperasi secara mandiri atau sebagai bagian dari sebuah rumah sakit. Namun, sebelum mengunjungi sebuah Klinik Pratama, penting untuk memahami legalitasnya.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, terdapat lebih dari 30.000 klinik pratama yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2021. Namun, tidak semua klinik ini beroperasi secara legal, dan masalah klinik ilegal merupakan tantangan besar bagi infrastruktur kesehatan di negara ini.

Faktanya, sebuah laporan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memperkirakan bahwa terdapat sekitar 12.000 klinik ilegal yang beroperasi di Indonesia pada tahun 2018. Klinik-klinik ini sering kali dijalankan oleh personel yang tidak memiliki kualifikasi dan kurang dilengkapi fasilitas dan peralatan medis yang memadai, yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan pasien. Selain itu, mereka sering kali menawarkan tarif yang lebih rendah, yang dapat menarik pasien yang tidak mampu membayar untuk pergi ke klinik berlisensi, namun akhirnya menerima perawatan medis yang kurang memadai atau bahkan berbahaya.

Pemerintah telah mengambil langkah untuk mengatasi masalah ini, termasuk dengan meningkatkan denda untuk operasi klinik ilegal dan meningkatkan proses perizinan untuk klinik yang beroperasi secara legal. Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua klinik primer di Indonesia beroperasi secara legal dan memberikan perawatan kesehatan yang aman dan berkualitas tinggi kepada pasien.

Untuk itu bagi Anda yang ingin mendirikan Klinik Pratama, alangkah baiknya mempelajari dulu apa saja legalitas yang dibutuhkan untuk membangun klinik pratama ini. Agar kedepannya klinik bisa berjalan dengan lancar.

Apa itu Klinik Pratama?

Sebelum membahas legalitas Klinik Pratama, mari kita lebih dulu memahami apa itu Klinik Pratama. Klinik Pratama adalah fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan medis dasar seperti pemeriksaan umum, perawatan ringan, dan tindakan medis sederhana. Klinik Pratama biasanya dikelola oleh dokter umum atau dokter spesialis, dan dapat beroperasi secara mandiri atau sebagai bagian dari sebuah rumah sakit.

Perbedaan antara Klinik Pratama dan Rumah Sakit

Meskipun Klinik Pratama dan rumah sakit sama-sama menyediakan pelayanan kesehatan, ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Perbedaan utama antara Klinik Pratama dan rumah sakit adalah:

1. Jumlah Pelayanan Medis yang Disediakan

Klinik Pratama hanya menyediakan pelayanan medis dasar seperti pemeriksaan umum, perawatan ringan, dan tindakan medis sederhana. Sementara itu, rumah sakit menyediakan berbagai pelayanan medis, termasuk pelayanan diagnostik, pelayanan medis spesialis, dan operasi.

2. Jenis Pasien yang Dilayani

Klinik Pratama biasanya melayani pasien dengan keluhan yang tidak terlalu serius atau pasien yang membutuhkan pemeriksaan rutin. Sedangkan rumah sakit melayani pasien dengan kondisi medis yang lebih serius.

3. Ketersediaan Fasilitas Kesehatan

Klinik Pratama biasanya memiliki fasilitas yang lebih terbatas dibandingkan dengan rumah sakit. Misalnya, Klinik Pratama mungkin hanya memiliki satu dokter dan beberapa perawat, sementara rumah sakit memiliki banyak dokter spesialis, perawat, dan fasilitas kesehatan yang lengkap.

Legalitas Klinik Pratama

Setiap Klinik Pratama harus memiliki status legal yang jelas agar dapat beroperasi secara sah dan memberikan pelayanan medis yang aman dan berkualitas. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipahami terkait legalitas Klinik Pratama:

1. Izin Operasional

Setiap Klinik Pratama harus memiliki izin operasional dari pemerintah daerah setempat. Izin operasional ini menunjukkan bahwa Klinik Pratama telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk menjalankan operasinya. Klinik Pratama harus memperbaharui izin operasional setiap tahunnya.

Untuk itu masalah perizinan harus disiapkan dengan matang. Anda bisa berkonsultasi dengan Zanio untuk bantuan perizinan klinik.

Perizinannya nanti tidak hanya untuk kliniknya saja, tetapi jika di dalam klinik ada apotek, maka perlu Izin Apotek / Laboratorium / Pelayanan lainnya juga. Termasuk Sertifikat Izin Edar Alat Kesehatan.

Masalah seperti itu Anda bisa komunikasikan dengan Zanio untuk membantu masalah perizinannya.

2. Sertifikasi Kesehatan

Klinik Pratama harus memiliki sertifikasi kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa Klinik Pratama telah memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan dan dapat memberikan pelayanan medis yang aman dan berkualitas. Klinik Pratama juga harus memperbaharui sertifikat kesehatan setiap beberapa tahun sekali.

3. Tenaga Kesehatan yang Berlisensi

Setiap tenaga kesehatan yang bekerja di Klinik Pratama harus memiliki lisensi atau izin praktik yang valid. Hal ini menunjukkan bahwa tenaga kesehatan tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk menjalankan praktik medis dan memiliki kualifikasi yang memadai.

Untuk dokter dan perawat wajib memiliki Surat Izin Praktik (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR).

4. Standar Pelayanan Medis

Klinik Pratama harus memenuhi standar pelayanan medis yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Standar ini meliputi persyaratan tentang fasilitas kesehatan, peralatan medis, prosedur medis, dan lain-lain. Klinik Pratama juga harus memastikan bahwa tenaga kesehatan yang bekerja di sana mengikuti protokol medis yang ditetapkan.

5. Pembayaran dan Biaya

Klinik Pratama harus memiliki aturan dan ketentuan yang jelas terkait pembayaran dan biaya pelayanan medis. Klinik Pratama harus memastikan bahwa biaya yang dibebankan pada pasien tidak melebihi tarif yang ditetapkan oleh pemerintah. Klinik Pratama juga harus memberikan informasi yang jelas dan transparan tentang biaya yang harus dibayar oleh pasien.

Kesimpulan

Dalam rangka memastikan pelayanan medis yang aman dan berkualitas, sangat penting untuk memahami legalitas Klinik Pratama sebelum mengunjunginya. Setiap Klinik Pratama harus memiliki izin operasional, sertifikasi kesehatan, tenaga kesehatan yang berlisensi, standar pelayanan medis, dan aturan yang jelas terkait pembayaran dan biaya. Dengan memahami legalitas Klinik Pratama, pasien dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan pelayanan medis yang aman dan berkualitas.

Artikel Lainnya:

Produk Kami:

Saat ini Zanio memiliki Kantor Virtual di Jakarta maupun Gading Serpong. Perusahaan yang lahir sebagai tempat pertumbuhan setiap orang.

Zanio percaya bahwa pertumbuhan yang konsisten adalah hal yang penting untuk meraih kesuksesan.

Jadi tetaplah bermimpi dan berjuang, karena kami percaya pada mimpi anda. Layanan Virtual Office dari Indonesia, Untuk Indonesia, Bahkan Dunia.

Untuk Penawaran dan Inquiry, bisa langsung menghubungi tim Marketing kami di 081212342988 / 0816599996. Follow Artikel maupun Social Media Zanio untuk tips berbisnis dan selebihnya.

Copyright © 2023 Zanio. All Rights Reserved