Chat with us, powered by LiveChat

Pengertian, Kelebihan, dan Cara Mendirikan Firma

Juli 5, 2024

Penulis:

Partnership dalam bentuk firma

Cara Mendirikan Firma – Dalam mengelola bisnis, terdapat beberapa jenis badan usaha yang dapat dipertimbangkan, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan spesifik.

Pemilihan jenis badan usaha yang sesuai akan memiliki dampak signifikan pada perkembangan bisnis di masa depan. Beberapa opsi badan usaha termasuk Perseroan Terbatas (PT), firma, Perseroan Komanditer (CV), dan jenis badan usaha lainnya.

Di Indonesia, salah satu jenis badan usaha yang umum dijumpai adalah firma. Jika Anda tertarik untuk mendirikan sebuah Firma, artikel ini akan membahas lengkap tentang bagaimana cara mendirikan Firma serta kelebihan

Pengertian Firma

Firma, berasal dari bahasa Belanda yaitu vennootschap onder, merujuk pada perserikatan dagang antara beberapa perusahaan. Di Indonesia, firma diatur dalam KUHD dan KUHPerdata, di mana merupakan persekutuan badan usaha yang menjalankan bisnis dengan tanggung jawab penuh dari setiap anggotanya. Firma dapat dijalankan dalam skala kecil atau besar, dengan setiap anggota berperan aktif demi kemajuan perusahaan.

Kelebihan Mendirikan Firma

  1. Mudah Diurus dan Didirkan

Firma memiliki proses pendirian yang sederhana, memungkinkan para pengusaha untuk memulai bisnis dengan cepat. Selain itu, pengurusan firma lebih fleksibel dan mudah diakses.

  1. Modal yang Cukup Besar

Dengan keanggotaan dari beberapa badan usaha, firma memiliki potensi modal yang lebih besar. Ini memberikan keleluasaan dalam melakukan investasi, pengembangan, dan menghadapi tantangan keuangan.

  1. Memiliki SDM yang Kompeten

Dalam firma, kolaborasi antaranggota membawa keberagaman dan keahlian yang dapat mengoptimalkan kinerja perusahaan. SDM yang kompeten dari berbagai bidang dapat meningkatkan daya saing firma di pasar.

  1. Memiliki Hubungan Erat dengan Pelanggan

Firma cenderung memiliki interaksi yang lebih dekat dengan pelanggan karena pengambilan keputusan melibatkan beberapa pihak. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang.

  1. Pembagian Tugas yang Jelas

Struktur organisasi firma memungkinkan pembagian tugas yang jelas. Setiap anggota memiliki peran dan tanggung jawab yang terdefinisi dengan baik, meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

  1. Pemimpin Dipilih Secara Objektif

Pemilihan pemimpin dalam firma dapat dilakukan secara objektif. Keputusan ini didasarkan pada kualifikasi dan kontribusi nyata terhadap firma, menciptakan kepemimpinan yang efektif dan adil.

Cara Mendirikan Firma

  1. Minimal 2 orang

Untuk mendirikan firma, persyaratan awalnya adalah memiliki minimal dua anggota. Jika niatnya adalah untuk memulai usaha sendiri tanpa melibatkan anggota lain, alternatifnya adalah mendirikan usaha dagang atau UD.

  1. Menentukan Nama

Anda dan anggota lainnya perlu menentukan nama untuk firma dengan bersama-sama. Hindari membuat keputusan nama secara sendiri-sendiri, karena firma merupakan kepemilikan bersama dan bukan milik pribadi. Sebaiknya, lakukan diskusi terbuka dengan anggota lain untuk menetapkan nama yang sesuai.

  1. Punya Badan Pengurus dan Anggota Aktif

Pada tahap ketiga, setiap anggota firma diwajibkan memiliki jabatan dan tanggung jawab yang spesifik. Melalui pembagian tugas ini, diharapkan bahwa aktivitas operasional dan manajemen badan usaha dapat berjalan secara efisien dan terorganisir.

  1. Punya Tujuan yang Jelas

Penting untuk memiliki tujuan pendirian usaha yang terdefinisi dengan jelas. Kejelasan tujuan ini akan mempermudah jalannya firma. Tanpa adanya tujuan yang jelas, kinerja perusahaan pasti akan terhambat dan tidak optimal.

  1. Menentukan Domilisi Usaha

Sebelum mendirikan firma, tentu Anda harus sudah mempunyai domisili atau tempat usaha. Domisili ini akan menjadi alamat usaha Anda dan anggota. Selain itu alamat ini juga menjadi syarat untuk mendaftarkan firma menjadi badan usaha dan membuat akta pendirian badan usaha nantinya.

Dapat disimpulkan bahwa firma merupakan bentuk badan usaha yang memungkinkan kerjasama antaranggota untuk mencapai tujuan bersama. Kelebihannya meliputi kemudahan pendirian, modal yang cukup besar, serta struktur organisasi yang jelas.

Proses cara mendirikan firma melibatkan langkah-langkah seperti menentukan jumlah anggota, memilih nama, menetapkan jabatan, dan menetapkan tujuan usaha. Pemahaman mendalam tentang pengertian, kelebihan, dan langkah-langkah pendiriannya menjadi kunci kesuksesan dalam membangun firma yang berdaya saing di dunia bisnis.

Artikel Lainnya:

Produk Kami:

Saat ini Zanio memiliki Kantor Virtual di Jakarta maupun Gading Serpong. Perusahaan yang lahir sebagai tempat pertumbuhan setiap orang.

Zanio percaya bahwa pertumbuhan yang konsisten adalah hal yang penting untuk meraih kesuksesan.

Jadi tetaplah bermimpi dan berjuang, karena kami percaya pada mimpi anda. Layanan Virtual Office dari Indonesia, Untuk Indonesia, Bahkan Dunia.

Untuk Penawaran dan Inquiry, bisa langsung menghubungi tim Marketing kami di 081212342988 / 0816599996. Follow Artikel maupun Social Media Zanio untuk tips berbisnis dan selebihnya.

Copyright © 2023 Zanio. All Rights Reserved